Peristiwa

SD Alam Baiturrahman Beraksi Pungut Sampah di Pulau Derawan

Rabu, 25 Mei 2016 - 08:33 | 94.24k
LOMBA DAN WISATA: Para siswa SMP dan SMA se-Jawa Timur mengikuti seleksi OS2N dan FLS2N di Kota Batu untuk bisa maju ke tingkat nasional. (Nurliana Ulfa/BatuTIMES)
LOMBA DAN WISATA: Para siswa SMP dan SMA se-Jawa Timur mengikuti seleksi OS2N dan FLS2N di Kota Batu untuk bisa maju ke tingkat nasional. (Nurliana Ulfa/BatuTIMES)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Selain mengunjungi potensi wisata di Pulau Derawan, Amazing Expedition 20016 SD Alam Baiturrahman menyisipkan Bakti Sosial Pemungutan Sampah Plastik di sepanjang pemukiman Pulau Derawan. Aksi ini dilaksanakan Selasa (24/5/2016) pukul 16.00 WITA. 

Kegiatan pungut sampah ini berkoordinasi dengan komunitas lokal, Kumpulan Anak Peduli Pantai (KAPPAN) dengan 25 orang personelnya. 

Muhammad Baihaqi, ketua rombongan, mengatakan pada agenda sore ini siswa bersama KAPPAN bersama-sama melakukan aksi bhakti sosial pungut sampah plastik mengelilingi Pulau Derawan. 

"Sambil berjalan memungut sampah, siswa juga mengunjungi beberapa situs yang ada di pulau ini, di antaranya Sumur Tua Bersejarah, Makam Saba'ani sang pejuang kemerdekaan, dan Situs Cagar Budaya Makam Bernisan Kuda," lanjutnya. 

Pantauan BONTANGTIMES, setelah mengunjungi situs bersejarah siswa dan guru pendamping melanjutkan ke TPS KAPPAN. "Setiap hari minggu, kami memungut sampah di pantai dan memilah plastik di sini kemudian kami kirim ke TPA Berau," terang Ipul. 

Saat ditanya pemanfaatan sampah plastik untuk kerajinan, Ipul menjelaskan; "Sampah plastik hanya kami kirim ke TPA Berau, tidak dijual karena memang tidak ada yang mau membeli. Tidak juga kami manfaatkan untuk kerajinan karena anak-anak belum pernah mendapatkan pelatihan kerajinan."

Ipul berharap, apabila SD Alam Baiturrahman ke depannya berencana kembali ke Pulau Derawan, diadakan sesi pelatihan kerajinan yang berasal dari sampah plastik. 

Sebelum kembali ke penginapan, rombongan mengunjungi PLTD Derawan. PLTD sebagai penopang utama listrik di Pulau Derawan memiliki 2 sumber energi, diesel, dan tenaga surya. Keduanya digunakan untuk mencukupi kebutuhan listrik seluruh wilayah, termasuk penginapan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES