Ekonomi

Agar Tetap Eksis, Didorong Beralih ke Digital Marketing

Selasa, 24 Mei 2016 - 18:48 | 69.47k
ERA ONLINE: Ketua PHRI Kota Batu Bambang Setia Dharma mengajak pengelola hotel beralih ke digital marketing. (Foto: Nurliana Ulfa/BatuTIMES)
ERA ONLINE: Ketua PHRI Kota Batu Bambang Setia Dharma mengajak pengelola hotel beralih ke digital marketing. (Foto: Nurliana Ulfa/BatuTIMES)

TIMESINDONESIA, BATU – Dunia digital dan online terbukti makin menentukan konsumen memilih destinasi hotel. Untuk itulah, Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu mengajak para hotel beralih menggunakan teknik marketing digital. Beralih ke marketing online itu berguna untuk menjaga eksistensi bisnis perhotelan di Kota Batu.

Menurut Ketua PHRI Kota Batu Bambang Setia Dharma, wisatawan saat ini sudah banyak yang menggunakan jasa pemesanan hotel melalui travel agent online. Seperti tripadvisor, agoda.com, booking.com, pegipegi.com dan banyak lainnya.

Untuk itu, industri perhotelan di Kota Batu harus aktif di dunia maya agar tidak tertinggal oleh gaya hidup masyarakat saat ini.

Semakin tinggi rating atau ranking sebuah hotel di travel agent online tersebut, berarti semakin diminati oleh wisatawan.

Sedangkan rating sendiri ditentukan oleh kepuasan wisatawan yang telah menginap di hotel tersebut dan memberikan ulasan positif.

”Karena saat ini kalau nama hotel mereka tidak muncul di google search, maka akan terlewatkan. Dari hasil pencarian itu, muncullah rating hotel. Dari situ customer akan memilih hotel terbaik bagi mereka,” jelas owner Kampung Lumbung Eco Friendly Boutique Hotel ini.

Menurutnya, hal ini harus disadari oleh hotel-hotel di Kota Batu, terutama hotel-hotel yang sudah lama berdiri. Jika mereka menganggap travel agent online tidak perlu, maka rawan ditinggalkan customer.

”Jadi intinya bisnis hotel harus kekinian. Tidak bisa memakai pola 20 tahun yang lalu,” imbuh bapak dua putri ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement




TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES