Ekonomi Jelang Ramadhan

Harga Bawang Merangkak Naik hingga 25 Persen

Jumat, 20 Mei 2016 - 18:22 | 71.55k
Harga Bawang Merangkak Naik. (Foto: tempo)
Harga Bawang Merangkak Naik. (Foto: tempo)
FOKUS

Jelang Ramadhan

TIMESINDONESIA, MALANG – Menjelang bulan ramadhan, harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik. Seperti harga bawang merah dan bawang putih di Pasar Besar Kota Malang yang harganya melonjak hingga 25 persen.

Kenaikan ini sudah mulai terasa sejak satu bulan terakhir. Dari harga bawang merah dan bawang putih yang awalnya Rp 32 ribu per satu kilogram saat ini bisa mencapai Rp 40 ribu per kilogram-nya.

"Naik sudah satu bulan terakhir. Sebelumnya harganya Rp 32 ribu per kilogram, sekarang Rp 36 ribu, kalau yang bagus Rp 40 ribu per kilogram," ujar Yuliati seorang pedagang bawang merah dan bawang putih di Pasar Besar, Kota Malang.

Ia memprediksi, harga tersebut akan terus naik sampai pada memasuki bulan Ramadhan.

"Pada bulan Ramadhan harganya pasti akan naik lagi," ujar Yuliati, Jumat (20/5/2016).

Akibat kenaikan tersebut harga tersebut, konsumen yang biasa membeli bawang dengan kualisat yang baik beralih memilih yang kualitas biasa karena harga yang lebih terjangkau.

Ia berharap mesikpun penjualannya mengalami penurunan, pasokan bawang merah dan bawang putih tetap tersedia.

"Harga naik tidak masalah yang penting barang ada. Karena kalau pasokan susah akan ada banyak yang mempermainkan harga," tandasnya.

Tak hanya itu, harga kebutuhan lain seperti gula pasir juga mengalami kenaikan. Dari harga sebelumnya yang hanya Rp 14 ribu per kilogram, naik dua minggu terakhir ini menjadi Rp 15.500 per kilogram. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES