Pendidikan

UB Luncurkan Aplikasi Edukatif Jagoan Indonesia

Jumat, 20 Mei 2016 - 09:48 | 70.21k
Salah satu permainan edukastif
Salah satu permainan edukastif "Puzzel" pada aplikasi Jagoan Indonesia. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Hari Kebangkitan Nasional 108 dijadikan momentum Grup Riset Teknologi Media, Game dan Perangkat Bergerak (MGM) untuk meluncurkan aplikasi edukatif bernama Jagoan Indonesia. Aplikasi diharapkan dapat menanamkan rasa cinta Indonesia kepada anak-anak.

Pada game edukatif itu terdapat tiga permainan utama, yakni "Jelajah”, “Puzzle” dan “Kuis”. Dan semua permainan dikemas dengan tema Indonesia, agar dapat menambah wawasan tentang keindonesiaan.

Seperti game "Jelajah", pengguna akan diberikan informasi tentang pakaian dan rumah adat, juga obyek yang menjadi khas pada tiap-tiap provinsi di Indonesia dengan cara memilih pada peta Indonesia yang tersedia.

Setelah memilih, nantinya pengguna akan mulai diajak masuk dalam permainan jelajah dengan diminta mencocokkan posisi obyek-obyek khas pada provinsi yang sudah dipilih sebelumnya. Jika benar, maka antara obyek khas dengan provinsi akan ditandai dengan notifikasi warna kuning pada peta.

Selain itu, game "Puzzle" juga tak kalah seru dengan game "Jelajah". Pada permaianan "Puzzle" ini pengguna diminta menyusun kepingan gambar provinsi ke dalam peta Indonesia.

Dan yang terakhir "Kuis" untuk menguji pemahaman pengguna masih akan disediakan pada update aplikasi selanjutnya.

Aplikasi yang sarat dengan edukasi yang juga dilengkapi dengan narasi dan suara tersebut diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan tentang keindonesiaan kepada anak-anak.

"Keberadaan aplikasi edukasi tidak hanya mengurangi dampak negatif dari penggunaan gadget, namun juga mampu mengembangkan kemampuan kognitif dan afektif anak-anak, termasuk menanamkan pengetahuan tentang kebudayaan dan kekayaan Indonesia," ujar Kepala Laboratorium PAPB, Herman Tolle. Jumat, (20/5/2016).

Aplikasi yang diluncurkan Grup Riset MGM, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB), berkat kerjasama Filkom UB dengan Mirai Education Indonesia ini dapat diunduh di https://itunes.apple.com/id/app/id1102715173. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES