Ekonomi

Roda Ekonomi Desa Ini Bangkit Berkat Dana Desa

Kamis, 19 Mei 2016 - 14:41 | 65.34k
Jalan Desa Tondei yang rusak parah sebelum direnovasi dengan Dana Desa (Foto: kemendesa)
Jalan Desa Tondei yang rusak parah sebelum direnovasi dengan Dana Desa (Foto: kemendesa)

TIMESINDONESIA, MINAHASA – Manfaat besar Dana Desa yang merupakan program utama  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) kembali terbukti. Salah satunya dirasakan Desa Tondei, Kecamatan Motoling Barat, Kabupaten Minahasa Selatan.

'Tunggu babi nae kalapa baru oto maso di Tondei'. Ungkapan tersebut selalu muncul di lingkungan warga Desa Tondei. Rasa pesimis dan kecewa selalu muncul yang mengandung arti tentang mustahilnya Desa Tondei dikunjungi kendaraan bermotor. Kondisi jalan sangat tidak memadai. Begitu buruk.

Problem transportasi serta jalanan yang rusak dan sempit menjadi kendala akses masuk dan keluar daerah ini. Padahal desa yang terletak di daerah perbukitan ini memiliki tanah yang subur dengan aneka hasil bumi yang bermacam-macam, di antaranya adalah pisang goroho, kelapa, gula aren, gula merah, tuak, durian, dan langsat. 

Tidak adanya akses jalan membuat produk pangan yang dihasilkan dari perkebunan atau hutan rakyat tak bisa dipasarkan secara maksimal. Kondisi tersebut berubah sejak tahun 2015 lalu. Pengaspalan jalan dilakukan. Akses ke desa Tondei perlahan mulai terbuka.

"Hasil bumi semakin mudah diangkut ke sentra-sentra pemasaran terdekat. Dengan pembangunan infrastruktur jalan tersebut roda ekonomi di desa perlahan menggeliat dan diharapkan terus  berpengaruh bagi kesejahteraan masyarakat," ungkap Fritz Wotulo, salah seorang penduduk di Desa Tondei.

Hukum Tua Desa Tondei Satu, Nita DF Lumapow mengatakan proyek perintisan dan pengerasan jalan bersumber dari Dana Desa (DD). Dari total jumlah DD Tahun 2015 sebanyak Rp 252.575.000, sebagian besar dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur. 

Selain diproyeksikan untuk perintisan jalan desa sepanjang 850 meter dan  pengerasan jalan sepanjang 225 meter, dana tersebut juga disalurkan untuk pembangunan talud sepanjang 141 meter.

"Puji Tuhan, respons masyarakat terhadap pembangunan infrastuktur sangat positif. Dukungan mereka ditunjukkan dengan gotong royong pada berbagai kegiatan pembangunan yang diadakan oleh pemerintah desa, termasuk pengerasan jalan desa beberapa waktu lalu," ujar Hukum Tua Nita.

Tim Satuan Tugas (Satgas) Desa di lapangan melihat langsung manfaat yang dirasakan oleh masyarakat. Seorang penjual sayuran dengan sepeda motornya melenggang santai menjajakan barang dagangan ke masyarakat.

Seorang ibu rumah tangga yang membeli sayur-sayuran pun mengaku sangat diuntungkan dengan adanya rintisan jalan desa yang semakin memudahkan akses untuk berbagai keperluan sehari-hari.

"Kita ingin menegaskan bahwa negara hadir di Desa Tondei Satu ini. Kontribusi negara nampaknya tidak sia-sia," ujar Ketua Satgas Desa, Kacung Marijan. Kacung menambahkan, DD harus dipergunakan sebesar-besarnya untuk membangun infrastruktur yang paling dibutuhkan di desa.

Hukum Tua Nita mengatakan, DD telah menyentuh langsung masyarakat desa dan mendorong kemajuan desa. Dana Desa tahun 2016 di wilayahnya pun diproyeksikan untuk paving blok sejumlah jalan desa dan penerangan tenaga surya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Dhian Mega
Sumber : TIMES Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES