Peristiwa Nasional

'Anti-Pancasila? Silakan Keluar dari Indonesia'

Jumat, 13 Mei 2016 - 23:05 | 29.24k
Ilustrasi Pancasila (Foto: suaramuhammadiyah)
Ilustrasi Pancasila (Foto: suaramuhammadiyah)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pancasila merupakan ideologi terbaik bagi bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan budaya, juga agama, demikian kata akademisi UIN Syarif Hidayatullah, Prof Dr Murodi.

"Jadi, kalau ada orang yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi lain, maka mereka bukan WNI dan silakan keluar dari NKRI," katanya di Jakarta.

Murodi menilai Pancasila telah mencakup seluruh sendi kehidupan manusia mulai dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan. 

"Semua sudah tercakup. Jadi apalagi yang mau diganti? Makanya saya mendorong agar generasi muda kembali belajar falsafah Pancasila demi membangun karakter manusia Indonesia yang baik dan bermartabat," imbuhnya.

Ia menilai sangat tidak tepat apabila ada pihak yang ingin mengganti ideologi negara dengan ideologi Islam karena Indonesia bukan negara dengan satu agama, meski mayoritas penduduknya beragama Islam. Di samping itu, nilai Pancasila pun mencakup nilai Islam sebagai ajaran yang komprehensif, moderat, serta rahmatan lil alamin. 

Ia pun menyoroti adanya kelompok yang mempropagandakan khilafah dan ingin mendirikan negara Islam di Indonesia, baik dengan cara damai maupun kekerasan.

"Khilafah sudah selesai, tidak ada lagi. Bahwa model-modelnya boleh ditiru, karena modelnya yang baik seperti equality (kesamaan), justice (keadilan), dan kebebasan. Itu doktrin agama," tutupnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES