Peristiwa Daerah

Empat Kecamatan di Malang Potensi Terdampak Erupsi Semeru

Rabu, 11 Mei 2016 - 19:31 | 39.50k
 Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi yang ditemui di Kepanjen, Rabu (11/5/2016). (Foto: ferry/malangTIMES)
Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi yang ditemui di Kepanjen, Rabu (11/5/2016). (Foto: ferry/malangTIMES)

TIMESINDONESIA, MALANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menetapkan 4 (empat) kecamatan yang rawan bencana erupsi Gunung Semeru.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi mengatakan, empat kecamatan yang posisinya terancam dampak erupsi Semeru, yaitu Wajak, Poncokusumo, Ampelgading dan Tirtoyudo.

Dari empat kecamatan tersebut, terdapat 11 desa yang masuk dalam daerah berpotensi terdampak. "Total jumlah penduduk di sebelas desa ada 64.505 jiwa," ujar Hafi Lutfi, Rabu (11/5/2016) di Kepanjen.

Sebelas desa tersebut yaitu Tamansari, Argoyuwono, Mulyosari, Lebakharjo, Sidorenggo, Tirtomoyo (Ampelgading); Tamansatrian (Tirtoyudo); Bambang, Wajak (Wajak); dan Pandansari, Sumberjo (Poncokusumo).

Lutfi menambahkan, potensi dampak kerusakan infrastruktur apabila terjadi erupsi erupsi diperkirakan pada sejumlah bangunan, seperti rumah penduduk, jembatan, dan tempat ibadah.

"Termasuk juga potensi kerusakan lahan pertanian yang menjadi sumber ekonomi masyarakat setempat," imbuhnya.

Antisipasinya, BPBD menyiapkan sejumlah tempat sebagai pos pengungsian di masing-masing kecamatan yang terdampak. "Kapasitas pengungsi beragam sesuai luasan tempatnya," tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES