Peristiwa Daerah

HMI Malang Tuntut Saut Minta Maaf

Senin, 09 Mei 2016 - 12:56 | 74.44k
HMI Malang (Foto: malang.hmi)
HMI Malang (Foto: malang.hmi)

TIMESINDONESIA, MALANG – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menuntut Wakil Ketua Komisi Pembertasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang meminta maaf kepada semua kader HMI di seluruh Indonesia. Saut dinilai telah mendiskreditkan HMI secara isntitusi.

Diketahui, pada beberapa waktu lalu Saut dalam acara di TV One, Saut telah mengeluarkan penyataan yang dinilai mengeneralisasi kader HMI yang dianggap melakukan korupsi.

"Mereka orang-orang cerdas ketika menjadi mahasiswa, kalau HMI minimal LK I. Tapi ketika menjadi pejabat, mereka korup dan sangat jahat." ujar Saut dalam acara tersebut.

HMI Cabang Malang dalam aksinya yang dilakukan di depan Gedung DPRD Kota Malang dan depan Mapolres Malang Kota memberikan waktu selama tujuh hari kepada Saut untuk meminta maaf di depan media.

"Kami berikan waktu selama satu kali tujuh hari kepada Saut untuk meminta maaf kepada kader HMI di depan media," ujar korlap aksi Fathurrachman, Senin, (9/5/2016).

Namun, apabila sikap lunak HMI Cabang Malang yang memberikan waktu selama tujuh hari tersebut tidak diindahkan, pihakmya akan melaporkan Saut kepada pihak berwajib.

"Apabila Saut tidak meminta maaf, HMI akan mempidanakannya ke Kepolisian," ujarnya.

Aksi ini mendapatkan pengawalan ketat dari puluhan petugas kepolisian setempat. Para aktivis teraebut berorasi dengan membawa bendera Indonesia dan bendera HMI.

Fathur menegaskan, tuntutan tersebut ditujukan terhadap personal Saut, dan bukan terhadap institusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Statement Saut itu telah merugikan institusi HMI dan membuat keburukan bagi citra HMI serta bagi kader dan alumni yang berkiprah dalam berbagai profesi," tandasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES