Peristiwa Daerah

Berkat Bawang Merah, Warga Bisa Daftar Haji

Selasa, 03 Mei 2016 - 12:55 | 33.81k
Warga Dusun Batoguluk Desa Basoka Sumenep ketika panen bawang merah. (Foto: Busri Toha/SumenepTIMES)
Warga Dusun Batoguluk Desa Basoka Sumenep ketika panen bawang merah. (Foto: Busri Toha/SumenepTIMES)

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Hasil panen pertanian berupa bawang merah bagi warga di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menjadi berkah bagi sebagian warga. Dari hasil penjualan bawang, warga bisa naik haji dan beribadah ke tanah suci.

Seperti diketahui, panen bawang merah di wilayah tersebut benar-benar menguntungkan bagi para petani. Apalagi, harga bawang merah dengan kualitas super, bisa mencapai Rp 30 ribu per kilogram. Artinya, panen bawang petani yang mencapai puluhan ton, bisa menghasilkan duit hingga puluhan juta.

Salah satu petani, H. Imam, mengaku dari hasil panen bawang merah dia mendapatkan uang bersih sekitar Rp 73 juta. Nah, karena tidak mau uang tersebut habis percuma, Imam memutuskan untuk naik haji dan mendaftar ke Kementerian Agama Sumenep.

”Mau beli mobil, jalannya rusak. Wong jalannya dibiarkan tidak diperbaiki begitu, iya lebih baik-baik di buat daftar haji saja. Kita bekerja kan memang untuk ibadah,” ujarnya sambil bincang-bincang dengan SUMENEPTIMES.

Sekedar diketahui, harga bawang merah di petani yang baru panen atau belum bisa dijadikan bibit, untuk kualitas A bisa mencapai Rp 28 ribu hingga Rp 31 ribu per kilogram, kualitas B, kisaran Rp 26 ribu hingga Rp 28 ribu per kilogram. Sedangkan kualitas C kisaran Rp 20 ribu hingga 25 ribu per kilogram. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES