Peristiwa

Proses Selesai, Hasil Autopsi Siyono Dipublikasikan

Senin, 11 April 2016 - 14:46 | 40.78k
Suasana dalam pemaparan hasil autopsi terduga teroris Siyono. (Foto: Kompas)
Suasana dalam pemaparan hasil autopsi terduga teroris Siyono. (Foto: Kompas)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PP Muhammadiyah bersama tim doketer forensik cabang Jawa Tengah beserta Komnas HAM memaparkan hasil autopsi jenazah terduga teroris, Siyono. Berdasarkan hasil autopsi tersebut, Muhammadiyah menyatakan jenazah Siyono belum pernah dilakukan autopsi sebelumnya.

"Autopsi dokter Gatot (pemimpin proses autopsi) adalah yang pertama," kata Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak dalam konferensi pers di Ruang Pengaduan Komnas HAM, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Pada kesempatan yang sama, Komisioner Komnas HAM Siane Indriani membenarkan pula bahwa jasad Siyono tidak pernah dilakukan autopsi sebelumnya. Siane Indriani juga memaparkan penyebab kematian Siyono.

"Kematian Siyono adalah akibat dari tulang dada patah ke arah jantung sehingga mengakibatkan kematian. Ada luka di kepala tapi tidak menyebabkan kematian. Tidak ditemukan adanya perlawanan dari almarhum karena tidak ada luka defensif," kata dia.

Siane juga menyebutkan bahwa hasil autopsi menunjukkan ada memar pada bagian tubuh belakang, analisisnya ada indikasi tindak kekerasan yang dilakukan ketika korban sedang menyandar ke sesuatu.

Sebelumnya, tindakan autopsi forensik terhadap jasad Siyono dilakukan oleh sembilan dokter forensik dari Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia cabang Jawa Tengah dan satu dokter forensik dari Polda Jawa Tengah. Tim forensik tersebut diketuai oleh dokter Gatot Suharto.

Autopsi dilakukan pada Minggu (3/4/2016) pagi di tempat pemakaman Siyono di Klaten, Jawa Tengah. Hasil autopsi muncul setelah tujuh hari pascaautopsi karena dilakukan pemeriksaan mikroskopis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES